Apa Itu Penyakit Kista?

Apa itu kista?

Penyakit Kista adalah salah satu dari sekian banyak penyakit yang menyerang pada alat reproduksi wanita, berbentuk kistik yang di dalamnya berisikan cairan-cairan kental, cairan ini berupa nanah, udara ataupun dari bahan-bahan lainnya. Selain itu juga ada yang berbentuk anggur. Orang sudah banyak mengetahui kalau Kista adalah penyakit sejenis tumor jinak yang sering ditemui pada wanita maka konsumsilah makanan sehat seperti pepes ikan mas.

Jenis jenisnya penyakit kista,

Dapat dibagi menjadi dua yaitu :

Kista Sel Abnormal dan Kista Fungsional. Dengan banyak dan jenis macam pada pertumbuhan kista. Penyakit ini bisa saja terjadi pada bagian payudara, ginjal, hati, tetapi yang paling sering terjadi pada bagian organ intim wanita.

Faktor Penyebab Kista

  • Kista Fungsional: Penyebab ini bisa terjadi pada situasi dimana anda sedang mengalami siklus menstruasi. Kista sangatlah tidak membahayakan namun, jika masih terbentuk benjolan yang masih kecil karena masih bisa diatasi, Tetapi jika sudah berukuran besar hingga mencapai 5 cm segeralah anda lakukan pencegahan dengan menjalani operasi korpus luteum
  • Kista Dengan Sel Abnormal: Kategori penyakit kista ini tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi dan adanya sebuah pertumbuhan sel yang tidak normal. Sebagian kecil kista ini bisa bersifat kanker
  • Kista dermoid: Kista dermoid adalah penyakit kista jenis sel abnormal yang sering terjadi pada wanita berusia sekitar 30 sampai 35 tahun. Kista ini mengandung semua jenis jaringan, misalnya rambut, darah, lemak, tulang, kulit, serta gigi. Kista dermoid umumnya tidak ganas, tapi dapat berkembang dan membesar hingga berukuran 20 cm sehingga harus diangkat dengan cara operasi.
  • Kista adenoma: faktor penyebab kista yang selanjutnya dapat terjadi pada wanita yang berusia sekitar 50 tahun yang terjadi pembentukan pada sel jaringan yang ada di luar ovarium wanita. kista edenoma menjadi dua bagian yaitu edenoma mucinous dan kista adenoma serosa. Kista ini masih berukuran kecil dan bisa dipecahkan dengan adanya suatu gejala yang dapat terjadi.

Pencegahan dari Faktor Penyebab Penyakit Kista

  • Jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol
    Anda yang sering mengkonsumsi alkohol dan soda sangat tidak baik untuk kesehatan dalam tubuh. terlebih bagi wanita yang sedang mengalami penyakit ini. Jika berlebihan mengkonsumsi minuman dua tersebut maka akan gampang mengalami penyakit ini lebih parah dan bahkan bisa menyebabkan kematian apabila kista yang anda sudah derita semakin membesar karena terlalu sering mengkonsumsi minum yang mengandung banyak alkohol dan soda.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet
    Penyakit ini biasanya terjadi karena terlalu mengkonsumsi makanan dengan bahan-bahan yang sangat membahayakan bagi kesehatan, Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi penderita kanker ovarium.
  • Jangan mengkonsumsi seafood
    Makanan jenis sea food sangat tidak baik untuk kesehatan yang ada di dalam tubuh kita. apalagi jika terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut maka penyebab kista yang anda derita semakin lebih parah.
Demikianlah pembahasan sedikit dari Penyakit Kista ini semoga dapat bermanfaat bagi kita.