Meskipun aktivitas seksual sangat dibutuhkan oleh manusia, akan tetapi Anda harus berhati-hati mulai dari sekarang juga, karena bukannya mendapatkan kenikmatan seksual malah mungkin Anda bisa terinfeksi penyakit menular seksual (PMS) jika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi.

Dan dari sekian banyak dari penyakit menular seksual yang ada di luar sana kali ini Kami akan membahas mengenai penyakit raja singa atau penyakit sifilis adalah penyakit yang sangat menular yang terutama disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang menyebar melalui berbagai macam aktivitas seksual, termasuk seks oral dan seks anal.

Terkadang, penyakit ini bisa ditularkan melalui seseorang dengan ciuman berkepanjangan atau melalui kontak tubuh yang erat. Meskipun penyakit ini menyebar dari luka namun sebagian besar luka tersebut tidak dikenali karena seseorang yang terinfeksi sering tidak menyadari mereka terinfeksi penyakit ini sehingga tanpa sadar mereka menularkannya pada pasangan seksual.

Gejala Penyakit Raja Singa Ini Perlu Anda Waspadai

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui bahwa penyakit raja singa ataupun sifilis terbagi menjadi empat tahapan: sifilis primer, sekunder, laten, dan tersier (akhir) dan dimana masing-masing tahapan bisa menandakan gejala yang berbeda, dab berikut dibawah ini adalah beberapa gejala penyakit raja singa:

Sifilis Primer

Biasanya gejala untuk tahap sifilis primer ataupun sifilis tahap pertama ini muncul 10 hari sampai 3 bulan setelah seseorang terkena sifilis. Seseorang mungkin juga dapat memperhatikan adanya kelenjar getah bening yang muncul di dekat pangkal paha yang membesar.

Biasanya, tanda sifilis pertama yang yang terlihat jelas adalah adanya luka kecil tanpa rasa sakit (dokter menyebutnya "chancre") pada kulit dan seseorang mungkin mengalami beberapa luka pada bagian tubuh.

Chancre tersebut bisa muncul di tempat bakteri yang masuk ke tubuh dan mungkin bisa tersembunyi di dalam rektum atau pada Miss V, bahkan pada beberapa orang tidak tahu bahwa mereka memiliki gejala tersebutnya.

Dan terkadang Chancre akan sembuh sendiri sekitar 3 sampai 6 minggu akan tetapi hal ini tidak berarti infeksi tersebut hilang selamanya dan hal ini berarti Anda akan memasuki tahap kedua sifilis ataupun sifilis sekunder.
 
Sifilis Sekunder

Biasanya gejala sifilis sekunder timbul sekitar 2 sampai 10 minggu setelah luka Chancre muncul dan seseorang mungkin juga akan mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Timbul sebuah ruam kulit yang menyebabkan kecil, luka coklat kemerahan
  • Sakit di mulut akibat seks oral, Sakit pada Miss V, atau pada anus
  • Mengalami demam, sakit kepala, kelelahan dan sakit otot
  • Mengalami kelenjar yang membengkak
  • Penurunan berat badan
  • Mengalami rambut rontok
Perlu Anda catat: bahwa jika seseorang pada tahapan sifilis sekunder tidak mendapatkan perawatan dengan segera, maka gejala tersebut akan hilang hanya untuk kembali, namun gejala Anda tidak kembali dan infeksi raja singa ini masih bisa hidup di tubuh Anda dan berlanjut pada tahapan sifilis selanjutnya yaitu sifilis laten.

Sifilis Laten

Jika seseorang tidak diobati pada tahapan sifilis sekunder maka akan memasuki pada tahapan sifilis laten ataupun sifilis tersembunyi, namun tidak semua orang yang menderita sifilis akan mengalami tahap ini.

Jika seseorang mengalaminya maka tidak akan memiliki gejala apapun selalu bertahun-tahun dan dalam beberapa kasus, gejala sifilis tidak akan pernah kembali tetapi infeksi itu tidak hilang dan hanya berlanjut ke tahap tersier.

Sifilis Tersier

Sifilis tersier adalah tahapan sifilis terakhir yang paling parah yang bisa muncul 10 sampai 30 tahun setelah infeksi awal terinfeksi raja singa. Mungkin juga seseorang bisa mengalami kerusakan organ permanen bahkan kematian, dan berikut komplikasinya meliputi:

  • Masalah otak (neurologis)
  • Mengalami infeksi dan pembengkakan selaput sekitar otak dan sumsum tulang belakang
  • Mati rasa
  • Mengalami Ketulian
  • Mengalami masalah pada penglihatan bahkan kebutaan
  • Mengalami demensia,
  • Mengalami Peradangan dari darah pembuluh
Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai gejala penyakit raja singa dan misalkan Anda mengalami beberapa gejala tersebut maka ada baiknya segera obati, karena dengan pengobatan yang tepat dapat menyembuhkan penyakit tersebut.